Badan Eksekutif Mahasiswa, atau biasa yang disingkat BEM adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang terdiri dari orang-orang terpilih untuk bekerja sama dalam melaksanakan tugasnya. BEM ini juga sering dianggap versi perguruan tinggi dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Di STIE Mulia Singkawang juga terdapat organisasi BEM yang bertugas selama 2 tahun dalam 1 periodenya.

Beberapa minggu yang lalu, pengumuman tentang pemilihan BEM baru STIE Mulia Singkawang periode 2020-2022 pun diinformasikan, baik dari kriteria ataupun syarat lainnya yang perlu dipenuhi untuk seseorang mencalonkan diri sebagai ketua BEM baru. Setelah beberapa waktu dan melalui beberapa proses, terpilihlah 9 calon ketua BEM.

Senin, 17 Februari 2020, mereka bersembilan dipertemukan di ruang Mulyadi untuk menyeleksi secara internal untuk mencari 3 kandidat ketua BEM terbaik dari mereka yang sudah mencalonkan diri. Di ruang ini, mereka menyampaikan visi, misi, dan program kerjanya apabila terpilih menjadi ketua BEM, yang disaksikan secara langsung oleh ibu Lucia Sutiono, S.E., M.M. (ketua STIE Mulia), ibu Tina Warsiningsih, S.E., M.M. (puket II keuangan), bapak Vivensius Thomas, B.Ed., MTCSOL. (puket III kemahasiswaan), para dosen, staf dan karyawan, serta anggota BEM STIE Mulia periode 2018-2020. Sembilan mahasiwa ini merupakan perwakilan dari kelas mereka masing-masing, dari semester IV dan VI jurusan Akuntansi dan Manajemen, diantaranya Berni Ikhwansah, Sinta, Selvianti Bunemas, Julianto, Linda, Susito, Jessilia Cossiga, Goldra dan 1 mahasiswi gugur karena absen. Dan pada akhirnya, terpilihlah 3 kandidat yang akan melakukan kampanye ke kelas-kelas nantinya. Mereka adalah Sinta, Julianto, dan Linda.

Selengkapnya...

Sebulan telah berlalu sejak dilaksanakannya Hapemaru STIE Mulia Singkawang pada Sabtu, 1 September 2018 yang lalu. Tahun ini, STIE Mulia Singkawang juga melakukan Hapemaru Lanjutan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tepat pada Sabtu, 6 Oktober 2018 kegiatan Hapemaru Lanjutan pun dilaksanakan di Taman Pasir Panjang Indah (Palapa Beach Hotel) Singkawang. Pukul 5.45 pagi, para panitia dan peserta mulai berkumpul di kampus untuk bersiap-siap ke tempat kegiatan, yaitu Taman Pasir Panjang Indah. Setelah itu, para mentor dari masing-masing kelas pun mengecek kehadiran dan kelengkapan peserta, dimana peserta harus menggunakan pakaian yang telah ditentukan. Para panitia Hapemaru Lanjutan juga menggunakan seragam yang sama dalam melaksanakan tugasnya. Kemudian, para mentor menyiapkan barisan masing-masing kelas agar rapi dan tertib. Selanjutnya,

Hari Penyambutan Mahasiswa Baru (Hapemaru) merupakan suatu tradisi yang dilakukan oleh STIE Mulia Singkawang setiap tahunnya. Sesuai nama kegiatannya, Hapemaru, maka tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyambut mahasiswa baru. Kegiatan ini dilakukan agar mahasiswa-mahasiswi baru dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana kampus, serta menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai mahasiswa/i baru.

Sabtu, 1 September 2018, sebelum kegiatan Hapemaru dimulai, para dosen, staf, karyawan, anggota BEM dan koor mulai berkumpul jam 5.30 di kampus untuk melakukan berbagai persiapan, seperti membungkuskan snack, mengarahkan mahasiswa/i baru agar memarkirkan kendaraan mereka dengan rapi, melakukan absensi, menjual buku Hapemaru, mengarahkan mahasiswa/i baru agar melepas dan menyusun sepatu mereka dengan rapi sesuai kelas sebelum memasuki aula, serta memandu mereka agar duduk di aula sesuai dengan kelas mereka masing-masing.

Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah atau yang biasa disingkat "Jasmerah", itulah semboyan terkenal yang diucapkan oleh presiden pertama Republik Indonesia kita, Ir. Soekarno, dalam pidato terakhirnya pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) tanggal 17 Agustus 1945.

Tidak terasa sudah 73 tahun sejak kemerdekaan negara kita, Indonesia. Dengan banyak pertumpahan darah dan perjuangan yang telah dilakukan oleh para leluhur kita, maka sudah sepantasnya kita sebagai penerus bangsa untuk memperingati peristiwa bersejarah ini, seperti mengikuti upacara bendera Merah Putih, lomba-lomba 17 Agustus dan lainnya.

Civitas akademika STIE Mulia Singkawang, baik dosen, staf dan mahasiswa-mahasiswi pun ikut serta dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-73 Republik Indonesia Tahun 2018. Bersama dengan Walikota, Pejabat Sipil, TNI/Polri, Camat/Lurah, Ibu-ibu, Pemuda/OKP dan lainnya, STIE Mulia Singkawang mengikuti 2 upacara pada Jumat, 17 Agustus 2018, yaitu Upacara Detik-Detik Proklamasi pada jam 10 pagi dan Upacara Penurunan Bendera pada jam 5 sore di Halaman Kantor Walikota Singkawang.

Dalam perlombaan Harmonisasi Indonesia 2018 tengah memperingati persiapan HUT Republik Indonesia ke-73 dan Asian Games 2018 yang didalam nya akan melombakan paduan suara perguruan tinggi . Maka dari itu Civitas Akademika STIE Mulia Singkawang ikut serta dalam perlombaan tersebut dengan mewakilkan 18 mahasiwa sebagai tim paduan suara STIE Mulia Singkawang . Berdasarkan surat dari Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti RI Nomor 1798/BI.2/TU/2018 tanggal 26 Juli 2018 tentang persiapan pelaksanaan Harmoni Indonesia 2018. Acara tersebut diselenggarakan pada hari minggu, 5 agustus 2018, pada pukul 08.30 WIB, bertempat dihalaman kampus perguruan tinggi masing-masing.

Dalam perlombaan ini tim paduan suara STIE Mulia Singkawang akan menyanyikan 4 lagu kebangsaan antara lain, Indonesia Raya, Garuda Pancasila, Satu Nusa Satu Bangsa, dan Rayuan Pulau Kelapa sesuai lagu persyaratan lomba yang sudah ditetapkan penyelenggara.