LIHAT VIDEO KLIK DISINI

 

Hari Penyambutan Mahasiswa Baru (Hapemaru) merupakan suatu tradisi yang dilakukan oleh STIE Mulia Singkawang setiap tahunnya. Sesuai nama kegiatannya, Hapemaru, maka tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyambut mahasiswa baru. Kegiatan ini dilakukan agar mahasiswa-mahasiswi baru dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana kampus, serta menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai mahasiswa/i baru.

Sabtu, 1 September 2018, sebelum kegiatan Hapemaru dimulai, para dosen, staf, karyawan, anggota BEM dan koor mulai berkumpul jam 5.30 di kampus untuk melakukan berbagai persiapan, seperti membungkuskan snack, mengarahkan mahasiswa/i baru agar memarkirkan kendaraan mereka dengan rapi, melakukan absensi, menjual buku Hapemaru, mengarahkan mahasiswa/i baru agar melepas dan menyusun sepatu mereka dengan rapi sesuai kelas sebelum memasuki aula, serta memandu mereka agar duduk di aula sesuai dengan kelas mereka masing-masing.

Tepat pukul 07.00 WIB, kegiatan Hapemaru pun dimulai dengan mengucap syukur kepada Tuhan YME. Kemudian, kegiatan dilanjutkan berdasarkan susunan acara Hapemaru, yaitu:

1. Foto bersama di halaman depan STIE Mulia Singkawang, dari foto bersama bapak/ibu dosen, staf dan karyawan, foto bersama mahasiswa/i baru per kelasnya(Manajemen Pagi, Akuntansi, Manajemen Sore A, dan Manajemen Sore B). foto bersama tim Paduan Suara dan foto bersama anggota BEM STIE Mulia Singkawang.

2. Setelah melakukan sesi foto bersama, maka panitia dan peserta Hapemaru kembali ke dalam aula STIE Mulia Singkawang. Bapak Carol Simon Faot selaku dirigen memimpin seluruh civitas akademika STIE Mulia Singkawang menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars STIE Mulia Singkawang, yang diiringi ibu Veronika Mangan.

3. Melakukan Doa Pembukaan yang dipimpin ibu Sipriana Sulastri, S.H. .

4. Pemakaian jaket almamater oleh Puket III Kemahasiswaan, bapak Vivensius Thomas, B.Ed., MTCSOL kepada saudara Baldwin dan saudari Pingky Lewinsky yang dipilih sebagai perwakilan mahasiswa/i baru, kemudian diikuti seluruh mahasiswa/i baru lainnya.

5. Menyanyikan Hymne STIE Mulia Singkawang  yang dipimpin bapak Carol Simon Faot dan diiringi ibu Veronika Mangan.

6. Perkenalan dosen, staf dan karyawan, serta BEM STIE Mulia Singkawang oleh ketua STIE Mulia Singkawang, ibu Lucia Sutiono, S.E., M.M.

7. Menyanyikan lagu daerah oleh tim Paduan Suara STIE Mulia Singkawang.

8. Istirahat sejenak, dimana panitia membagikan snack kepada mahasiswa/i baru.

9. Ceramah pengenalan kampus oleh ketua STIE Mulia Singkawang, Ibu Lucia Sutiono, S.E., M.M..

10. Ceramah cara belajar yang baik oleh bapak Vivensius Thomas, B.Ed., MTCSOL.

11. ISOMA. Mahasiswa/i tetap berada di tempat dan panitia membagikan nasi kotak, sedangkan mahasiswa/i muslim menjalankan ibadah sholat di mushola kampus.

12. Mahasiswa/i baru secara berurutan mengambil sepatu dan menuju kelas masing-masing yang dipandu oleh kakak-kakak mentor dari BEM. Setelah masuk ke dalam kelas, mereka mulai memperkenalkan diri dengan lebih rinci sehingga dapat mengenal satu sama lain. Mereka juga diminta untuk membuat puisi dengan tema “Bersama Menggapai Cita” sesuai yang ditentukan di dalam buku Hapemaru. Di saat yang bersamaan, para mentor juga menjelaskan tentang Hapemaru Lanjutan yang akan dilakukan bulan depan, di antaranya mempersiapkan drama komedi, yel-yel, senam Tobelo dan lainnya. Para mentor juga memberikan sesi pertanyaan kepada mahasiswa/i baru yang ingin mengenal lebih lanjut tentang kampus. Dan akhirnya, para mentor dan mahasiswa/i baru melakukan doa bersama untuk menutup acara Hapemaru pada hari itu.

Puji Tuhan, kegiatan Hapemaru 2018 berjalan lancar hingga akhir. Namun, masih saja ada mahasiswa yang melanggar aturan yang ada, yaitu tidak membawa name tag yang merupakan syarat sebagai seorang mahasiwa baru pada Hapemaru. Maka, ia diberi sanksi oleh ketua STIE Mulia Singkawang untuk lip sync dan bergoyang lagu Goyang Dua Jari, Lagi Tamvan dan Lagi Syantik. Dan siapa sangka, mahasiswa ini menampilkan penampilan terbaiknya pada lagu Lagi Syantik, padahal ia adalah seorang laki-laki. Pertunjukannya yang syantik pun menuai tepuk tangan dari para penonton.

Di akhir perkenalan anggota BEM, Tommy, selaku Seksi Sosial BEM juga memberi motivasi kepada mahasiswa/i baru, “Semoga teman-teman dapat menjadi semangat baru bagi STIE Mulia Singkawang”. Let’s Build Our Town.