Data Dosen

Sebulan telah berlalu sejak dilaksanakannya Hapemaru STIE Mulia Singkawang pada Sabtu, 1 September 2018 yang lalu. Tahun ini, STIE Mulia Singkawang juga melakukan Hapemaru Lanjutan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tepat pada Sabtu, 6 Oktober 2018 kegiatan Hapemaru Lanjutan pun dilaksanakan di Taman Pasir Panjang Indah (Palapa Beach Hotel) Singkawang. Pukul 5.45 pagi, para panitia dan peserta mulai berkumpul di kampus untuk bersiap-siap ke tempat kegiatan, yaitu Taman Pasir Panjang Indah. Setelah itu, para mentor dari masing-masing kelas pun mengecek kehadiran dan kelengkapan peserta, dimana peserta harus menggunakan pakaian yang telah ditentukan. Para panitia Hapemaru Lanjutan juga menggunakan seragam yang sama dalam melaksanakan tugasnya. Kemudian, para mentor menyiapkan barisan masing-masing kelas agar rapi dan tertib. Selanjutnya,

Hari Penyambutan Mahasiswa Baru (Hapemaru) merupakan suatu tradisi yang dilakukan oleh STIE Mulia Singkawang setiap tahunnya. Sesuai nama kegiatannya, Hapemaru, maka tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyambut mahasiswa baru. Kegiatan ini dilakukan agar mahasiswa-mahasiswi baru dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana kampus, serta menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai mahasiswa/i baru.

Sabtu, 1 September 2018, sebelum kegiatan Hapemaru dimulai, para dosen, staf, karyawan, anggota BEM dan koor mulai berkumpul jam 5.30 di kampus untuk melakukan berbagai persiapan, seperti membungkuskan snack, mengarahkan mahasiswa/i baru agar memarkirkan kendaraan mereka dengan rapi, melakukan absensi, menjual buku Hapemaru, mengarahkan mahasiswa/i baru agar melepas dan menyusun sepatu mereka dengan rapi sesuai kelas sebelum memasuki aula, serta memandu mereka agar duduk di aula sesuai dengan kelas mereka masing-masing.

Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah atau yang biasa disingkat "Jasmerah", itulah semboyan terkenal yang diucapkan oleh presiden pertama Republik Indonesia kita, Ir. Soekarno, dalam pidato terakhirnya pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) tanggal 17 Agustus 1945.

Tidak terasa sudah 73 tahun sejak kemerdekaan negara kita, Indonesia. Dengan banyak pertumpahan darah dan perjuangan yang telah dilakukan oleh para leluhur kita, maka sudah sepantasnya kita sebagai penerus bangsa untuk memperingati peristiwa bersejarah ini, seperti mengikuti upacara bendera Merah Putih, lomba-lomba 17 Agustus dan lainnya.

Civitas akademika STIE Mulia Singkawang, baik dosen, staf dan mahasiswa-mahasiswi pun ikut serta dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-73 Republik Indonesia Tahun 2018. Bersama dengan Walikota, Pejabat Sipil, TNI/Polri, Camat/Lurah, Ibu-ibu, Pemuda/OKP dan lainnya, STIE Mulia Singkawang mengikuti 2 upacara pada Jumat, 17 Agustus 2018, yaitu Upacara Detik-Detik Proklamasi pada jam 10 pagi dan Upacara Penurunan Bendera pada jam 5 sore di Halaman Kantor Walikota Singkawang.

Dalam perlombaan Harmonisasi Indonesia 2018 tengah memperingati persiapan HUT Republik Indonesia ke-73 dan Asian Games 2018 yang didalam nya akan melombakan paduan suara perguruan tinggi . Maka dari itu Civitas Akademika STIE Mulia Singkawang ikut serta dalam perlombaan tersebut dengan mewakilkan 18 mahasiwa sebagai tim paduan suara STIE Mulia Singkawang . Berdasarkan surat dari Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti RI Nomor 1798/BI.2/TU/2018 tanggal 26 Juli 2018 tentang persiapan pelaksanaan Harmoni Indonesia 2018. Acara tersebut diselenggarakan pada hari minggu, 5 agustus 2018, pada pukul 08.30 WIB, bertempat dihalaman kampus perguruan tinggi masing-masing.

Dalam perlombaan ini tim paduan suara STIE Mulia Singkawang akan menyanyikan 4 lagu kebangsaan antara lain, Indonesia Raya, Garuda Pancasila, Satu Nusa Satu Bangsa, dan Rayuan Pulau Kelapa sesuai lagu persyaratan lomba yang sudah ditetapkan penyelenggara.

 

Kegiatan yang sudah terlaksana

12 Januari 2018 :

- Pelantikan pengurus BEM baru periode 2018/2020

28 Februari 2018 :

- Melakukan Bakti Sosial(baksos) pembagian Paket Imlek ke 2 SDN

- Ikut serta dalam pawai Lampion 2018

30 April s/d 9 Mei 2018 :

- Pelaksanaan UTS

14 Mei 2018 :

- Menghias kampus dalam rangka "Singkawang Ramadhan Fair 2018"

9 Juli s/d 17 Juli 2018 :

- Pelaksanaan UAS

1 September 2018 :

- Hapemaru

 

Kegiatan yang belum terlaksana

6 Oktober 2018 :

- Hapemaru Lanjutan

Sudah menjadi suatu tradisi bagi masyarakat muslim di Indonesia untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Beragam kegiatan dan persiapan pun dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri, seperti tradisi “Serba Baru”, mudik, membuat ketupat, pembagian THR, dan lain sebagainya.

Begitu pula dengan masyarakat di Singkawang, misalnya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi(STIE) Mulia Singkawang. Setelah mendapat surat dari panitia Singkawang, tertanggal 2 Mei 2018 tentang : Himbauan mengikuti lomba dalam rangka memeriahkan “Singkawang Ramadhan Fair 2018”, civitas akademika STIE Mulia Singkawang pun turut serta dalam kegiatan tersebut.

Albert Dannil, siapa yang tidak kenal dengan mahasiswa yang satu ini, dia adalah Ketua BEM STIE Mulia Singkawang. Albert Dannil telah lolos seleksi tahap Nasional Mahasiswa Berprestasi Tahun 2018 yang mana sebelumnya telah melalui berbagai seleksi mulai dari tingkat kampus sampai berhasil lolos tingkat kopertis wilayah XI Kalimantan. 

Tepatnya tanggal 10 April 2018 di Aula Kopertis Wilayah XI Jalan Adhyaksa Kayu Tangi Banjarmasin, Albert membuktikan STIE Mulia bisa bersaing dengan kampus kampus lainnya di Kalimantan dengan hasil peringkat terbaik 4 dari 17 peserta dan ikut mewakili Kopertis Wilayah XI Kalimantan untuk tingkat Nasional. 

 

 

“Kita selalu akan dukung Civitas Akademia STIE Mulia Singkawang yang  ingin maju dan berprestasi”, ungkap Lucia Sutiono, SE., MM selaku Ketua STIE Mulia Singkawang. “Selamat buat Albert atas prestasinya yang telah membuktikan bahwa STIE Mulia Singkawang bisa bersaing di tingkat Nasional”, tambah Ketua STIE Mulia Singkawang.